Cara Mengatasi Komputer Hang saat Booting pada windows 7 8 10

Cara Mengatasi Komputer Hang Saat Booting 


Halo sahabat apa kabar kalian di siang hari ini masih dalam keadaan semangatkah atau sudah mengalami penurunan semangat, Ayo bangkit sahabat kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang komputer yang hang saat booting, membuat kita frustasi pastinya ya sahabat karna tidak bisa mengakses komputer kesayangan kita, Tapi tenang kali ini saya akan membagikan tutorial cara mengatasi komputer yang hang saat Booting.


Cara mengatasi komputer hang saat booting 

Ketika tombol daya di tekan maka komputer akan memulai yang namanya proses booting ke windows. Ketika akan masuk ke sistem operasi tiba tiba komputer ngadat berhenti alias hang, Jangankan loading OS, input dari keyboar dan mouse pun tidak di tanggapi alias di acuhkan. 

Sebagian dari sahabat pasti pernah mengalami kejadian seperti di atas. Bila masalah ini terjadi pada sahabat jangan langsung panik  dan membawanya ke tukang service karna sahabat pun bisa memperbaikinya sendiri kalau sahabat mau menyimak dan membaca tutorial ini.

Sebagaiman yang di rangkum oleh next trend PC yang hang ketika booting ke windwos biasanya di akibatkan oleh software star up yang bermasah.

Program-program yang berkaitan dengan service seperti anti virus atau auto update ini di jalankan ketika booting sebagai bagian dari prosedur loading windwos, Ketika salah satunya mogok alias ngambek maka seluruhnya akan ikut terhenti, Ibarat sepeda motor yang kehabisan bahan bakar tidak mungkin sepeda motor itu akan jalan ketika tidak ada bahan bakar.

Lalu bagaimana cara mengatasinya berikut adalah pengalaman saya 


Windows 7



Pada saat komputer hendak masuk windows, Segera lakukan restart tekan tombol "F8" berulang kali
kemudian sahabat akan di sambut dengan layar  "Advance Boot options". Sahabat pilih menu safe mode.

Safe mode adalah mode khusus windows yang di tujukan untuk troubleshooting dan diagnosa sistem. Hanya bagian bagian penting sistem operasi yang di muat dan di tampilkan di sini.

Begitu masuk safe mode, klik tombol start dan ketikan "msconfig" Tanpa tanda petik, Lalu tekan tombol enter. Ini akan menampilkan menu windows configurations berisi daftar program yang di jalankan sewaktu loading windows. 

Salah satu software yang muncul kemungkinan adalah software biang kerok yang membuat komputer sahabat hang, Untuk melihat daftar selengkapnya pilih tab "startup".

Tiap item di daftar ini melambangkan program yang di jalankan saat booting, Sahabat bisa mematikan semuanya dengan memilih opsi "disable all" untuk memastikan tak ada yang menghambat proses loading windows.

Lakukan restart, Apabila sahabat sudah berhasil masuk ke menu windows "normal" sahabat bisa mencari program mana yang bermasalah dengan kembali menjalankan "msconfig" pada Run untuk menampilkan menu run sahabat bisa tekan CTRL + R. Dan menyalakan item satu persatu tambahkan tanda centang di chekbox kemudian lakukan restart. 

Item starup yang bermasalah biasanya akan membuat komputer kembali hang  begitu di aktifkan, Item inilah yang harus matikan lewat ms config tadi.

Windows 8.1 atau Windows 10




Pcworld deretan program yang di jalankan sewaktu star up windows, dalam menu task manajer seperti windows 7, windows 8.1 dan windows 10 pun memiliki safe mode, Tapi cara mengaksesnya sedikit berbeda.

Pertama sahabat nyalakan komputer sahabat saat layar login muncul, Klik ikon tombol power yang ada di pojok kanan bawah layar.

Sambil menahan tombol shift  pilih opsi restart Di layar pilih choose an option yang muncul. Pilih troubleshoot => advance options => starup setting => restart.

Komputer akan melakukan restart. Lalu menampilkan menu starup setting tekan tombol "4" untuk masuk ke menu safe mode.

Saat sudah berada di safe mode klik kanan area taskbar dan pilih Taskmanager Kemudian klik tab startup". Sahabat harus mengeklik tulisan "details". Di pojok kiri bawah untuk mengetik tab yang bersangkutan.

Di dalamnya ada daftar program yang di jalankan sewaktu startup, seperti di msconfig saja. untuk mematikan sebuah item, Klik kanan di namanya lalu pilih disable. 

1 comments:

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon