Cara Ampuh Meningkatkan Speed Koneksi Wifi

Cara Ampuh Meningkatkan Speed Koneksi Wifi

Halo sahabat, selamat siang semua semoga sahabat tidak pernah bosan untuk berkunjung ke blog saya, saya berharap artikel saya kali ini bermanfaat bagi sahabat semua, Dan terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke blog saya.

Koneksi nirkabel wifi yang buruk bisa membuat seseorang frustasi dan membuat banyak orang tertekan,Terutama apabila internet telah menjadi bagian hidup kita sehari hari. Mulai dari hiburan hingga soal pekerjaan.

Tenang sahabat tidak perlu khawatir belajar dari pengalaman saya yang sudah sudah saya akan membagikan pengalaman saya tentang koneksi internet rumah saya yang tiba tiba terhenti. Langkah yang pertama sahabat harus lakukan adalah dengan cara mengecek router sahabat, pasalnya mulai dari posisi hingga pengaturan router ini sangat berpengaruh pada kuat atau tidaknya koneksi wifi sahabat.


Langkah yang harus di lakukan


1. Cek posisi Router



Mengecek posisi router terkesan hal yang sangat sepele, Padahal bisa jadi yang kita anggap sepele itulah sumber masalah yang kita hadapi saat ini. Router bekerja mengirimkan signal kesemua arah. Karna itu, Sebaiknya letakan atau taruhlah router pada bagian tengah ruangan. 

Bila Router sahabat di letakan di samping jendela, maka ada signal yang akan di kirimkan keluar, ini akan membuat wifi tersebut sia sia dan tidak mengjakau seluruh bagian ruangan. 

2. Letakan Router di tempat terbaik

Signal wifi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan dimana Router itu di letakan, Atas dasar itu sebaiknya sahabat menyimpan Router di dalam ruangan yang sering anda tempati pada saat sahabat menggunakan internet.

3. Jangan Letakan Router di lantai

Letakan router di tempat yang tinggi, misalnya meja atau lemari. Posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan karna Router di rancang untuk mengirimkan signal ke bawah selain itu, Lantai mengandung semen bahan logam dan lain sebagainya yang sulit di  tembus signal Router.

4. Jauhkan Router dari elektronik lain

Jauhkan Router sahabat dari barang barang elektronik lain seperti halnya televisi, ac maupun barang elektronik yang lain. Perangkat apapun yang menghasilkan signal elektromagnetik dapat menghambat signal, mengganggu dan melemahkan signal wifi.

5. Pilih tempat terbuka

Ada banyak bahan yang bisa menyerap signal router kita sahabat dan sangat mengurangi kinerjanya. Untuk menjaga agar signal router tetap stabil adalah tidak meletakan router di antara meubel berukuran besar dan juga dinding. atau di dalam lemari. pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut dapat di lihat dari manapun. 

6. Atur antena router agar berdiri 

Atur sedemikian rupa agar antena router sahabat berada di posisi vertikal, posisi ini akan membuat signal terpancar Horizontal sehingga signal wifi mudah menjangkau seluruh bagian ruangan yang sahabat tempati.

7. Atur piranti lunak Router

Sahabat bisa menambah kecepatan Koneksi wifi sahabat dengan masuk ke penganturan router piranti lunak sahabat, Akses piranti lunak ini bisa di buka melalui nomor  ip khusus. Sahabat bisa mengeceknya pada bagian bawah router atau pada panduan yang ada di boksnya.

setelah masuk ke dalam menu pengaturan ubahlah nilai frekuensi router tersebut. Biasanya ada 14 Chanel yang bisa di pilih, Chanel terbaik sepengetahuan pengalman saya adalah chanel  1, 6 ,dan 11 Chanel tersebut minim gangguan karna jarang bersinggungan dengan chanel yang di gunakan orang lain.

Selain pengaturan chanel cek juga pemutakhiran fimeware. Biasanya produsen router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

8. Lakukan speed test

Lakukan speed test untuk mengetahui letak masalah koneksi sahabat. Pertama lakukanlah dengan koneksi wifi. Kemudian lakukan hal serupa menggunakan koneksi kabel. Jika kecepatan keduanya sama sama buruk berarti maslah ada pada penyedia layanan internet sahabat. Tapi jika koneksi setelah di lakukan Speed test bagus berti tidak ada masalah pada koneksi sahabat.

Semoga pengalaman saya ini dapat membantu sahabat yang membacanya, Kritik dan saran silahkan ketik di halaman koment ya sahabat sampai bertemu di lain waktu see you tommoroww.

1 comments:

avatar

bolhe nih, biar makin kenceng internetannya...
solder listrik

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.